BERLIAN - Kenali Bentuk-bentuk Berlian GIA - zahira jewellery

BERLIAN - Kenali Bentuk-bentuk Berlian GIA

3 minggu yang lalu      Emas dan Berlian

Ketika memilih batu berlian, format berlian menjadi salah satu hal penentu dalam memungut keputusan untuk melakukan pembelian atau tidak. Kontur dan outline suatu berlian memiliki pengaruh yang paling besar terhadap keindahan berlian. Yang sangat populer ialah berlian dengan format bulat atau yang lebih dikenal dengan nama Brilliance Round Cut.

 

Bentuk Bulat | Round Shape Cut

Bentuk berlian ini ialah bentuk atau shape berlian yang paling tidak sedikit disukai. Round cut paling tidak sedikit dikembangkan dan dianalisis oleh para berpengalaman di bidang berlian. Memiliki keterampilan untuk merefleksikan cahaya dan kecermelangan yang tidak dapat ditandingi oleh format berlian lainnya. Jika dua buah berlian memiliki grade 4C Berlian yang sama, maka berlian round cut memiliki nilai lebih bila dikomparasikan dengan bentuk pilihan lainnya. Baca selengkapnya tulisan mengenai Bentuk Berlian Bulat.

 

Bentuk Princess | Princess Shape Cut

Bentuk Princess ialah berlian dengan format kotak, memiliki sudut 90 derajad di tiap sikunya. Bentuk ini di desain tahun 1980 di Amerika Serikat. Princess Cut dengan format bujur sangkar memiliki nilai lebih bila dikomparasikan dengan Princess Cut dengan format persegi panjang.

 

Bentuk Asscher | Asscher Cut Shape

Diperkenalkan pada tahun 1902, oleh berpengalaman potong berlian Belanda yang terkenal, Joseph Asscher. Bentuk ini mangadopsi kiat pemotongan batu emerald. Yang menciptakan penampilan Asscher Cut begitu beda ialah keunikan sudutnya dan pemotongan unsur siku membuat efek yang paling klasikal.

 

Bentuk Radiant | Radiant Cut Shape

Relatif baru di industri perhiasan, Radiant Cut diperkenalkan kesatu kali selama pertengahan tahun 1990. Bentuk yang menarik ini, menggabungkan teknis pemotongan Round Cut dan teknik mencukur batu Emerald, menghasilkan format dengan variasi square / bujur sangkar, nyaris square, ataupun persegi panjang.

 

Bentuk Cushion | Cushion Cut Shape

Pertama kali diperkenalkan di industri perhiasan, mula tahun 1800-an. Batu berlian disusun menjadi square atau persegi panjang, dengan sudut dan sisi-sisi yang membulat. Dan dipandang tidak sedikit orang sebagai versi vintage dari format Round Cut.

 

Bentuk Emerald | Emerald Shape Cut

Biasanya berbentuk persegi panjang. Yang memisahkan dengan teknis pemotongan pada batu Emerald ialah pemberian bevel (sudut yang tidak banyak dibulatkan) pada sudut-sudutnya, dan dicukur bertingkat pada permukaannya. Memerlukan jenis batu berlian dengan tingkat kejernihan yang lebih tinggi bilamana dibentuk dengan kiat pemotongan ini.

 

 

Bentuk Marquise | Marquise Cut Shape

Potongan ini mempunyai rumor secara khusus diciptakan untuk Raja Louis XIV dari Perancis. Raja menginginkan format batu berlian yang dapat menggambarkan senyuman selir kesayangannya, Marquise de Pompadour. Bentuk yang memanjang dengan ujung-ujungnya yang elegan meruncing, membuat penampilan cantik yang dramatis.

 

Bentuk Oval | Oval Cut Shape 

Dipotong dan disusun dengan jumlah sisi-sisi (facet) yang sama dengan Round Cut, format oval dapat merefleksi dan membiaskan cahaya dengan level yang nyaris sama. Dikarenakan ujungnya agak memanjang, dengan carat yang sama, Oval Cut terlihat lebih banyak bila dikomparasikan dengan Round Cut.

 

Bentuk Pear | Pear Cut Shape

Memancarkan keanggunan, batu berlian dengan format Pear Cut (juga dinamakan sebagai tetes air mata), dicukur dan disusun untuk serupa tetesan air dengan satu ujung membulat dan ujung lainnya meruncing. Hasil akhir yang diperoleh ialah persilangan antara Round Cut dan Marquise Cut.

 

Bentuk Hati | Heart Cut Shape

Mencerminkan namanya, batu berlian dengan jenis Heart Cut menjadi simbol cinta dan kasih sayang, serta menjadi opsi yang paling tepat guna merayakan hari jadi pernikahan atau sebagai cincin kawin. Salah satu jenis format berlian dengan jumlah permintaan tertinggi Heart cut shape membutuhkan ketrampilan dan ketelitian yang tambahan dari tenaga berpengalaman pemotongnya.




Komentar Artikel "BERLIAN - Kenali Bentuk-bentuk Berlian GIA"